Rangka Mobil
Rangka
Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi
sebagai pondasi kendaraan yang menyangga komponen – komponen seperti
motor, chasis dan pemindah tenaga, serta body
Sifat – sifat secara umum :
-
Konstruksi sederhana
-
Dapat dipakai universal / bak penumpang bebas
-
Kuat menahan beban berat
-
Kuat menahan beban lengkung dan puntir
-
Kurang aman untuk penumpang jika terjadi tabrakan
Penggunaan :
-
Kendaraan Niaga (truk, bus)
-
Mobil penumpang / sedan (jarang)
3. Rangka Dan Geometri Roda
Kondisi rangka menentukan sifat jalan kendaraan.
Meskipun penyetelan geometri roda ( wheel aligment )
baik, namun jika kondisi rangka tidak sesuai dengan standart ukuran
sebenarnya ( misalnya : bengkok ) maka sifat jalannya kendaraan juga
jelek.
Kerusakan kondisi rangka dapat terjadi karena :
-
Kecelakaan
-
Pekerjaan pada rangka ( dilas )
Bodi Integral
Pada bodi integral, semua bagian karoseri seperti pintu, atap, fender dan lantai berfungsi sebagai rangka
-
Konstruksi bodi integral menyerupai konstruksi jembatan
-
Titik tumpu konstruksi terletak pada roda belakang dan depan
Bahan :
Kebanyakan besi plat putih
Sifat – sifat secara umum :
-
Konstruksi rumit
-
Tidak dapat dimodifikasikan ( diubah jadi bak penumpang )
-
Dapat menerima beban lengkung dan puntir
-
Ringan
-
Reparasi sulit jika terjadi kecelakaan
-
Lebih aman bagi penumpang jika terjadi tabrakan
Penggunaan :
Mobil penumpang ( sedan ) umumnya bus
1. Bodi Integral Tanpa Rangka
Semua bagian bodi atau karoseri ( seperti gambar ) merupakan rangka
2. Bodi Integral Dengan Rangka
Pemasangan rangka memperkuat konstruksi body antara
body dan rangka dipasang karet – karet untuk meredam getaran karoseri
yang ditimbulkan suspensi.
3. Karoseri Pengaman
Pengujian ( standar – industri )
Setelah mobil dengan kecepatan 50 km/jam ditabrakkan tembok, maka :
-
Penumpang yang memakai sabuk pengaman tidak boleh terluka
-
Pintu – pintu mobil harus masih bisa dibuka
4. Bentuk Profil Bodi Integral
Pengukuran Bodi
Pengukuran bodi dilaksanakan jika :
-
Kendaraan telah mengalami kecelakaan / tabrakan
-
Ada kesalahan ukuran bodi yang diketahui dari sifat jalan kendaraan yang tidak baik, meskipun geometri roda ( wheel aligment ) telah disetel dengan baikSumber:https://rengkodriders.wordpress.com/2012/05/12/rangka-mobil/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar